My World of Bonsai

Wednesday, May 10, 2006

Bagaimana Awalnya?

Dalam sebuah acara diskusi tentang bonsai yang dihadiri kurang lebih 80 orang peserta, saya ditanya tentang sejarah bonsai. Saya sebenarnya agak enggan menjawab pertanyaan itu, karena sudah ada beberapa buku bonsai yang menulis tentang sejarah bonsai. Tetapi tiba-tiba ada ide terlintas untuk membahas sejarah bonsai dari sisi yang lain. Saya kemudian memberikan pernyataan, jika yang dimaksud tentang sejarah bonsai itu adalah mulai tahun berapa budaya bonsai itu muncul, orang dari negara mana yang pertama kali membuat bonsai, dan lain-lain yang berhubungan dengan sejarah bonsai seperti persepsi kebanyakan orang, silahkan Anda baca sendiri di beberapa buku yang sudah membahas tentang hal itu.

Pertanyaan itu menjadi penting buat saya bahas, jika para peserta diskusi tertarik untuk membahasnya dari sisi yang lain, yang belum dibahas dalam buku-buku manapun yaitu kira-kira bonsai bagaimana yang dibuat oleh orang yang pertama kali membuat bonsai tersebut. Bonsai bukanlah sekedar miniatur pohon di alam. Buat apa kita membuat miniatur dari gaya pohon-pohon yang sehari-hari nampak di sekitar kita. Justru saya punya keyakinan bahwa orang yang pertama kali membuat bonsai, justru tertarik membuat miniatur pohon dari sebuah pohon yang gayanya tidak terlihat pada pohon-pohon yang tumbuh di sekitar tempat ia tinggal.

Mungkin, suatu saat dia berpergian jauh dari tempat tinggalnya dan menemukan ada pohon yang bentuk dan gayanya sangat unik, aneh, artistik sekaligus mengandung nilai estetika yang sangat mengagumkan dari sudut pandangnya. Karena gaya yang sangat unik tersebut, muncullah hasrat dan keinginan agar pohon dengan gaya unik tersebut bisa berada di sekitar tempat tinggalnya. Karena tidak mungkin memindahkan pohon itu, muncullah gagasan untuk membuat pohon dengan gaya unik tersebut dengan model miniatur. Sejak saat itulah muncul budaya bonsai.

Berpikir mendalam sangatlah penting dalam berkegiatan seni dan dalam meningkatkan kualitas SDM. Melihat sesuatu dari sisi lain adalah bagian dari berpikir mendalam. Berpikir mendalam adalah petualangan imajiner yang mempercepat peningkatan kemampuan kita dalam hal inovasi, kreasi dan imajinasi. Kemajuan di bidang apapun juga selalu dihasilkan dari ketiga proses tersebut.

3 Comments:

  • At 7:15 AM, Anonymous Anonymous said…

    Saya Alva, wartawan Agrobis, saya tertarik ingin menulis bonsai. Bagaimana cara menghubungi Anda untuk jumpa darat. Nomer HP saya 08165445641 email alfalach@yahoo.com. Saya tunggu jawabannya bos. Terima kasih atas perhatiannya.

     
  • At 1:53 PM, Anonymous Anonymous said…

    bez depozytu bonus free pieniadze dla nowych aktualne zastawienie bonusów
    quiz poker wkład darmowy
    Poker Stars nie depozytów, wolne william hill Poker bankroll Mansion darmo pieniądze, mansion Poker wolne pieniądze w pokera, nie deposit
    bonus
    poker za darmo , bonusy bez depozytu, graj w pokera bez obligacji generycznych bankroll buduj wolno ale dokładnie odbiór dla poker rooms Promocje dla nowych graczy
    titan mansion party poker pkr bet most i inne platformy room texas hold em
    ker without money senza deposito Poker bonus without pay… Free no deposit casino cash says: ... No deposit poker bonus… Free online poker games (without signing up) says
    no deposit poker bonuses
    Complete list of the best free poker money free poker bankroll no deposit
    are looking for highroller bonuses, high can earn up to 500% of your deposit, obtain you Nast uniqe room
    no deposit bonus titan pkr
    . Walker Poker is a free, state of the art, software, titan which gives you the ability to play online poker
    deposit as its instant and free to deposit money directly from uniqe room poker
    actual Free! No Deposit Needed to get free poker bankrolls benefit...
    free poker bankroll for new players
    eading poker signup for coupon depositing online No Deposit $ Free poker capital, no deposit poker
    sorry if spam for you ..

     
  • At 8:53 PM, Blogger Suka Makan said…

    Kita mmg harus berbangga.
    Kini telah hadir web store online bonsai http://www.samsarabonsai.com/

    Aneka Cemara udang tersedia dengan banyak pilihan dg kualitas terbaik.

    Segera kujungi situs kami dan kunjungi Gallery kami.

     

Post a Comment

<< Home